Trik Memotret Menggunakan Handphone Untuk Berjualan Online

Sistem jual beli online saat ini semakin hari semakin mengalami peningkatan. Masyarakat sepertinya sudah terbiasa dan nyaman dengan sistem jual beli online yang sangat mudah dan efisien. Melihat masyarakat yang semakin konsumtif dengan sistem jual beli online, saat ini juga semakin banyak para penjual produk-produk secara online. Modal dasar yang harus dimiliki oleh penjual online adalah kualitas gambar yang baik. Gambar-gambar yang menarik ini nantinya bisa dipromosikan atau pasang iklan gratis di berbagai media sosial.

Kualitas Foto Menarik Pelanggan Pada Jual Beli Online

Kualitas gambar pada jualan online memang sangat penting dan sangat vital. Gambar yang baik dan menarik akan lebih meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Untuk itu, bagi Anda yang hendak memulai bisnis online, pastikan produk-produk yang Anda jual memiliki kualitas foto yang baik.

Bagi para reseller atau distributor online, Anda mungkin tidak terlalu kesulitan untuk mencari gambar yang berkualitas. Karena, biasanya foto-foto produk sudah diberikan oleh produsen. Namun, bagi Anda yang memang independen atau bukan distributor maupun reseller, Anda harus bisa membuat produk-produk Anda tampil cantik dan menarik jika dipasarkan di berbagai media sosial ataupun ketika pasang iklan gratis.

Tips Mendapatkan Foto Berkualitas Menggunakan Handphone

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, Anda mungkin terpikirkan untuk menggunakan kamera atau jasa fotografer. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki kamera, tentu akan membuat Anda untuk mengeluarkan budget lebih besar lagi untuk membuat foto yang bagus. Padahal sebenarnya menggunakan handphone juga bisa. Bagaimana caranya?

Tips dan trik untuk membuat foto produk untuk jualan online yaitu:

  1. Menyiapkan background dan pencahayaan harus cukup

Background yang dimaksud disini adalah background mini. Jadi Anda membuat seolah-olah studio mini di rumah Anda. Anda bisa menggunakan background kain putih agar lebih netral ataupun warna-warna polos agar lebih elegan. Pencahayaan atau lighting juga sangat penting dalam pengambilan sebuah gambar. Anda bisa menggunakan lampu. Namun, kamera handphone tidak terlalu sensitif seperti kamera DSLR. Jadi, cahaya memang harus cukup. Untuk itu lebih baik gunakan cahaya matahari. Anda bisa menaruh obyek di jendela atau pintu yang terbuka.

  1. Ambil foto dengan hasil yang menarik

Menariknya sebuah foto, dapat dilakukan dengan mempertimbangkan aspek berikut:

  • Tema foto harus relevan

Tema foto sangat penting untuk mendukung gambar yang Anda ambil. Carilah tema foto yang relevan dengan produk yang akan Anda di pasang iklan gratis. Anda juga bisa mencari referensi di internet.

  • Ambil foto dari beberapa sisi

Pembeli saat ini adalah pembeli yang cerdas dan pintar. Mereka akan memilih produk dengan performa yang sangat baik. Sistem online yang membuat pembeli tidak bisa melihat produknya secara langsung, mereka pasti ingin melihat semua sisi produk. Untuk itu, Anda harus menyediakan berbagai sisi produk agar pembeli lebih percaya dan yakin dengan produk yang Anda jual. Misalnya, foto tas yang dilihat dari sisi depan, belakang, kanan, kiri, atas dan bawah. Bahkan bisa juga menampilkan detail sisi dalam tas.

  • Jangan lakukan zoom pada kamera

Zoom atau pembesaran pada kamera handphone akan menurunkan kualitas foto. Untuk itu, lebih baik dekatkan handphone pada obyek. Usahakan jarak foto cukup untuk memenuhi frame handphone Anda.

  • Gunakan berbagai fitur untuk mengedit foto

Fitur-fitur edit foto di handphone saat ini sudah sangat bervariasi. Anda bisa mengolahnya untuk menghasilkan gambar yang lebih menarik dan lebih dramatis.

  • Tambahkan watermark pada foto produk

Watermark digunakan untuk mencatat nama online shop Anda. Namun, jangan sematkan dipojok foto karena akan mudah dihapus. Jangan pasang di tengah foto karena akan mengganggu keindahan foto. Carilah angel yang tepat.

  1. Mengenali jenis kamera handphone

Handphone android saat ini pada umumnya memiliki resolusi 5 MP. Jadi, dapat dikatakan sudah cukup untuk bisa mendapatkan gambar yang baik. Namun, lebih baik gunakan kamera belakang daripada kamera depan. Agar mendapatkan gambar yang berkualitas tinggi, atur kamera handphone Anda. Misalnya, gunakan resolusi tertinggi dan lain sebagainya.

  1. Gunakan peraga atau model

Jika barang yang Anda jual adalah produk-produk yang bisa dipakai seperti baju, tas ataupun sepatu, Anda bisa menggunakan model agar lebih menarik. Produk yang diperagakan oleh model akan tampak lebih menarik dan elegan sehingga dapat meyakinkan pembeli. Bahkan jika Anda juga lihai dalam dunia foto, Anda sendiri bisa menjadi model untuk produk-produk yang Anda jual. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan budget lagi untuk membayar model.

Itulah beberapa tips mengambil foto produk dengan menggunakan handphone. Hasil foto yang baik sebenarnya tergantung dari keahlian pengambil gambar. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena semua itu bisa dilatih dan saya rasa tidak terlalu sulit untuk melakukan hal tersebut.

Bagi Anda yang memiliki uang lebih, alangkah baiknya jika Anda memiliki handphone dengan resolusi kamera yang baik. Karena hasil foto akan lebih maksimal dan menarik. Anda bisa memasukkan anggaran pembelian handphone sebagai modal awal memulai bisnis online. Bisa juga Anda meminjam handphone kaka, adik, teman atau saudara.

Setelah mendapat foto yang menarik, tahap selanjutnya adalah memasarkan produk. Anda posting berbagai produk Anda di sosial media. Anda juga bisa promosi di berbagai blog yang bisa pasang iklan gratis. Dengan begitu, pengeluaran Anda tidak terlalu besar untuk promosi. Selain itu, produk yang Anda pasarkan bisa lebih luas.